Inilah Suasana di Balik Layar Perundingan Utang AS

Headline
Satu bulan terakhir ini dunia menyaksikan dengan tegang hiruk pikuk politik di pusat kekuasaan Amerika. Tarik menarik antara Partai Republik dan Presiden Obama membuat pasar keuangan melemah. Tapi, tahukah Anda bagaimana perundingan yang alot itu berlangsung?

Amerika, suka atau tidak, kembali mempertontonkan kedewasaan berpolitik. Selama satu bulan ini, para politisi di Washington terpecah secara keras antara pendukung penambahan pagu utang (Demokrat) dengan penentangnya, Republik. Ketika mendekati tenggat waktu, saat mana pasar mulai pesimistis akan terjadi kesepakatan, kedua kubu keluar dengan kesepakatan.

Tapi bagaimanakah suasana perundingan di balik layar? Apakah setegang seperti yang dilaporkan media? Foto-foto yang dilansir Gedung Putih memperlihatkan sebaliknya: santai dan cair.

Presiden Obama yang bersitegang dengan Ketua DPR John Boehner tampak dalam foto justru santai di satu tempat di belakang Ruang Oval, Gedung Putih.
Presiden Obama memakai kaos, sementara Boehner tampil tanpa dasi.

Pada foto yang lain, Presiden Obama menggelar rapat dengan Wakil Presiden Joe Biden serta penasihat seniornya sambil duduk di atas meja kerjanya.

Tak kalah santainya, adalah foto saat Presiden Obama mengangkat kakinya ke atas meja saat rapat dengan Wakil Presiden Joe Biden. Tak ada ketegangan terlihat di sini, padahal rapat itu berlangsung dua hari menjelang tegat waktu.

Di suasana rapat yang lain, terlihat rombongan kongres yang dipimpin John Boehner santai berbincang dengan Presiden Obama.

Begitulah politik seharusnya dijalankan: negosiasi, bukan perseteruan, apa lagi perseteruan pribadi. Perundingan politik adalah pertukaran kepentingan. Ada yang mundur dan ada yang maju. Ada yang memberi, dan ada yang menerima. Bukan; pokoknya harus gitu.

Apakah politik dan politisi Indonesia sudah sematang itu? Jika kembali menengok sejarah, para pendiri bangsa Indonesia sudah jauh lebih matang dibadingkan poltisi saat ini. Politisi Islam dan Kristen beradu argumen dengan keras tapi tak ada perseteruan pribadi. Dan, mereka, umumnya, menemukan jalan keluar yang elegan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: