3 Ramadhan 1432 H – Hadits : Keutamaan Puasa

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata, Rasulullah saw, bersabda,

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Semua amal perbuatan anak Adam itu bagi dirinya sendiri kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku, dan Aku yang akan membalasnya. Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, bila salah seorang diantara kalian itu berpuasa, maka janganlah berkata kotor dan janganlah ribut-ribut. Apabila ada seseorang mencaci-maki atau mengajak berkelahi, maka hendaklah ia berkata, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’’ Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu disisi Allah lebih harum dari bau minyak misik. Orang yang berpuasa memperoleh dua kegembiraan, yaitu gembira ketika ia berbuka, dan gembira ketika ia menghadap Tuhannya karena besarnya pahala puasa.” (Muttafaq ‘alaih)

 

Dalam riwayat Bukhari dikatakan, Rasulullah saw. bersabda,

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Ia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena Aku. Puasa itu bagi-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat.’” (HR.Bukhari)

 

Dalam riwayat Muslim dikatakan, Rasulullah saw. bersabda,

“Setiap amal perbuatan anak Adam (manusia) itu pahalanya dilipatgandakan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat, sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa itu bagi-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya. Ia meninggalkan syahwat dan makan karena Aku.’ Bagi orang-orang yang berpuasa, ada dua kegembiraan, yaitu, gembira ketika berbuka, dan gembira ketika bertemu dengan Tuhannya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu disisi Allah, lebih harum dari bau minyak misik.”(HR. Muslim)

Sumber : Syarah Riyadhush Shalihin

Tulisan : Imam an-Nawawi

Pensyarah : Dr. Musthafa Dib al-Bugha, dkk

Wassalamu’alaikum wr wb

Arief Zulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: