Inilah Sayur dan Buah yang Akrab dengan Pestisida!

Di bulan Ramadan konsumsi buah dan sayuran harus ditingkatkan. Tapi bukan berarti asal memilih sayur dan buah, perhatikan jenis-jenisnya. Ada jenis sayur dan buah yang akrab dengan pestisida. Yuk, kenali apa saja buah dan sayuran tersebut.

Makan buah dan sayuran segar sangat dianjurkan di bulan puasa. Kandungan vitamin, serat, dan mineral yang terdapat dalam buah dan sayuran bisa meberi pasokan nutrisi. Meskipun sayur dan buah sehat, namun pastikan Anda memilih sayuran yang tepat. Ada beberapa jenis sayur dan buah yang sangat akrab dengan pestisida.

Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran dan buah yang patut dicermati saat memilih:

Apel
Apel adalah buah yang kaya akan serat dan tinggi vitamin. Sangat baik dikonsumsi setiap hari selama puasa karena bisa membantu melancarkan pencernaan dan membuat tubuh terhidrasi. Namun apel juga sangat rentan dengan pestisida. Pencucian yang tidak tepat memberi racun tubuh secara perlahan.

Sawi dan Bayam
Sawi dan bayam adalah sayuran yang sering dimakan. Bagaimana tidak, pada saat sahur, sawi atau bayam kadang jadi solusi cepat dan mudah untuk dimasak. Bisa dengan ditumis ataupun direbus dan dicolek dengan sambal. Tetapi ternyata 90% sawi terkontaminasi dengan pestisida.

Strawberry
Buah cantik berwarna merah yang kaya antioksidan ini ternyata mengandung 13 jenis pestisida saat diteliti. Ada baiknya membeli strawberry organik jika memang ingin makan buah strawberry terutama dalam jumlah banyak.

Kentang
Masak kentang mini tanpa mengupas kulitnya saat membuat rendang memang lezat. Tapi siapa yang menyangka kalau dalam kentang mengandung 91% pestisida. Racun pestisida ini bisa dikutangi dengan cara mengupas kulitnya atau mencuci dengan cairan yang khusus untuk mencuci buah dan sayuran.

 

Sumber: media.agriculturesource.com, detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: