Klub Sepak Bola Pertama di Dunia

 

Cina maupun Romawi boleh mengklaim sebagai tanah kelahiran sepak bola. Namun, catatan sejarah menunjukkan bahwa klub sepak bola modern pertama berdiri di Inggris. Klub itu bernama Sheffield Football Club, dan berdiri tahun 1857. Saat itu, sepak bola memang sudah dimainkan di kampus, ruang terbuka, juga tempat lain, tapi masih dengan aturan masing-masing.
Sheffield kemudian membuat beberapa aturan yang membuat hukum sepak bola menjadi lebih fair. Klub ini mengenalkan sepak pojok, tendangan bebas, juga gawang. Menurut situs Sheffield.com, klub ini pula yang pertama kali mengenalkan permainan sepak bola dengan lampu penerangan di malam hari. Dia pula yang memulai sepak bola dengan 11 pemain.
Dari kelahiran Sheffield inilah kemudian tumbuh klub-klub lain dan akhirnya Inggris membentuk asosiasi sepak bola bernama Football Association (FA) pada 26 Oktober 1863. Mulai saat itu, peraturan pertandingan sepak bola dibuat lebih rapid an menjadikannya sebagai tontonan yang menarik. Mereka yang mengelola asosiasi tersebut umumnya aktif di Sheffield.
Tahun 1866, Sheffield menggelar pertandingan pertama antarkota melawan London City dan Taman Battersea. Kemudian tahun 1872, pertandingan sepak bola antarnegara mulai dikenal. Pertandingan sepak bola antarnegara saat itu mempertontonkan kesebelasan Inggris melawan Skotlandia.
Lantas, dari mana istilah soccer dalam bahasa Inggris, lahir untuk menyebut permainan sepak bola tersebut? Adalah Charles Wreford Brown yang pertama kali menggunakan istilah tersebut. Dia adalah pemain rugby yang kemudian beralih menjadi sepak bola. Saat dia bermain sepak bola asosiasi sepak bola Inggris sudah terbentuk.
Suatu hari, dia diminta memilih cabang olah raga yang hendak digelutinya. Dia lantas menyebut soccer, yang merupakan ungkapan slang dari kata ‘asosiasi’ untuk menyatakan memilih sepak bola. Dari sinilah kemudian istilah soccer disamakan dengan sepak bola.
Perkembangan sepak bola lalu menular ke beberapa negara. Dari Inggris, sepak bola juga menjadi demam di Selandia Baru, Argentina, Cile, Belgia, Urugay, Hongaria, dan sebagainya. Untuk menyatukan klub-klub sepak bola dari berbagai negara kemudian lahirlah federasi sepak bola dunia bernama FIFA di Paris pada 21 Mei 1904.

Sumber: asalmulane (tak mau asal-asalan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: