Ternyata, Virus Komputer Pertama di Dunia Lahir di Pakistan

Bakat memang tanpa batas. Saat punya kemampuan, seseorang bisa mengembangkan apa saja yang dimaui, meski orang lain tidak menyukainya. Ungkapan ini sangat cocok dengan kemampuan yang telah ditunjukkan dua bersaudara asal Pakistan Amjad Farooq Alvi dan Basit Farooq Alvi.
Keduanya punya pengetahuan luas dalam hal perangkat lunak komputer. Dengan ide ‘gilanya’ mereka mencoba membuat perangkat lunak, yang justru merusak perangkat lunak yang umumnya dipakai komputer. Dalam perkembangannya, perangkat lunak yang mengganggu kerja komputer itu kemudian disebut sebagai virus.
Istilah virus ini sebenarnya merupakan upaya untuk menganalogi perangkat lunak pengganggu kerja komputer itu mirip virus yang menginfeksi tubuh manusia. Saat daya tahan lemah, metabolism tubuh manusia akan terganggu saat terserang virus.
Contoh mudahnya bisa dilihat saat virus flu menyerang. Jika manusia yang terserang daya tahan tubuhnya kuat, dia tidak akan merasakan apa-apa. Tapi mereka yang daya tahan tubuhnya lemah, biasanya langsung sakit kepala, suhu badan naik, batuk, dan hidung mampet.
Begitupun dengan virus komputer. Saat menyerang komputer yang sistem pertahanannya bagus, virus tidak akan berpengaruh apa-apa. Tapi, komputer bisa langsung mati jika sistem pertahanannya dibobol virus.
Virus pertama yang diciptakan Alvi bersaudara itu tidak sampai mematikan sistem operasi komputer. Virus itu hanya mengirim pesan kepada komputer yang terinfeksi. Virus komputer yang pertama lahir ke dunia itu diberi nama ‘Brain’.  Dia pertama kali menyerang komputer pada 1986 dengan menuliskan pesan sebagai berikut:
“Welcome to the Dungeon
(c) 1986 Basit & Amjad (pvt) Ltd.
BRAIN COMPUTER SERVICES
730 NIZAM BLOCK ALLAMA IQBAL TOWN
LAHORE-PAKISTAN PHONE :430791,443248,280530.
Beware of this VIRUS….
Contact us for vaccination………… $#@%$@!!”

Atas kecerdasannya melahirkan virus komputer, Alvi bersaudara kini menjadi wirausahawan teknologi informasi. Menurut catatan http://www.risedream.com, perusahaannya bernama Brain Pvt Limited dan beroperasi melayani jasa provider internet, IPTV (internet protocol television), Telepony, dan layanan lain jaringan komputer. Kantor perusahaan itu beralamat persis dengan alamat yang tertera dalam pesan virusnya. Video lengkap soal Brain bisa dilihat diklik di sini.
Sumber: asalmulane

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: