5 Obat Resep yang Bisa Bikin Pemakainya Hilang Ingatan

Putro Agus Harnowo – detikHealth
Kamis, 15/08/2013 12:22 WIB
 
Tak cuma koruptor saja yang bisa tiba-tiba lupa dengan perbuatannya. Gangguan ingatan sejatinya merupakan masalah umum yang muncul akibat penuaan. Yang tak banyak diketahui orang adalah, kondisi ini bisa muncul karena efek samping obat.

Para ilmuwan kini tahu bahwa kehilangan daya ingat seiring bertambahnya usia bisa dihindari. Otak dapat menumbuhkan sel-sel baru dan membentuk koneksinya sepanjang hidup. Jika bukan karena penyakit, bisa jadi gangguan ingatan disebabkan oleh obat resep.

Seperti dilansir Medical Daily, Kamis (15/8/2013), obat-obat resep tersebut antara lain:
 
1. Obat anti kecemasan (Benzodiazepin)

Obat ini biasanya diresepkan untuk mengatasi gangguan kecemasan, kejang otot, dan gangguan kognitif. Cara kerjanya adalah menekan pusat tertentu dari otak, sehingga dapat mengganggu transfer data dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

Untuk menghindari efek samping tersebut, apoteker merekomendasikan benzodiazepin untuk waktu yang singkat. Contoh benzodiazepin yaitu, alprazolam (Xanax), chlordiazepoxide (Librium), clonazepam (Klonopin), diazepam (Valium), flurazepam (Dalmane), lorazepam (Ativan)

2. Obat Kolesterol (Statin)

Statin menurunkan kadar kolesterol dalam darah, namun juga dapat menurunkan kadar kolesterol di otak. Jika ini terjadi, hubungan antara sel-sel saraf bisa terganggu. Jika tidak menimbulkan penyakit berbahaya, biasanya dokter hanya akan meresepkan vitamin untuk menurunkan kolesterol.

Vitamin yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah kombinasi vitamin B12 (1.000 mcg setiap hari), asam folat (800 mcg setiap hari) dan vitamin B6 (200 mg setiap hari). Sedangkan contoh statin antara lain: atorvastatin (Lipitor), fluvastatin (Lescol), lovastatin (Mevacor), pravastatin (Pravachol), rosuvastatin (Crestor) dan simvastatin (Zocor).

3. Obat antidepresan (Antidepresan trisiklik)

Selain untuk mengatasi depresi, obat ini juga diresepkan untuk berbagai komplikasi psikologis seperti gangguan makan, nyeri kronis, dan gangguan obsesif kompulsif. Sayangnya, lebih dari sepertiga orang dewasa yang meminum obat ini melaporkan mengalami hilang ingatan. Bahkan separuh di antaranya mengaku jadi susah berkonsentrasi.

Maka, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan terapi tanpa obat, atau bisa menggunakan obat bernama venlafaxine (Effexor) yang tidak mengganggu ingatan. Contoh obat antidepresan yaitu; amitriptyline (Elavil), clomipramine (Anafranil), desipramin (Norpramin), doksepin (Sinequan), imipramine (Tofranil)

4. Obat Hipertensi (Beta-blocker)

Beta-blocker diresepkan untuk memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Sayangnya, obat ini juga dapat ‘memblokir’ bahan kimia penting seperti norepinefrin dan epinefrin, sehingga menyebabkan masalah memori.

Obat yang disebut benzothiazepine calcium channel blockers seringkali dianggap lebih aman dan lebih efektif daripada beta-blocker. Contoh beta-blocker yaitu: atenolol (Tenormin), carvedilol (Coreg), metoprolol (Lopressor, Toprol), propranolol (Inderal), sotalol (Betapace), timolol (Timoptic)

5. Obat Tidur (Nonbenzodiazepine sedatif hipnotik)

Walau dapat membantu tidur, efek obat ini mirip obat anti kecemasan, yaitu dapat membatasi interaksi antara memori jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karena itu, ada baiknya mengunakan terapi tanpa obat untuk mengatasi insomnia dan gangguan kecemasan.

Meminum obat Melatonin 3 – 10 mg sebelum tidur terkadang bisa membantu menciptakan pola tidur yang sehat. Namun terkadang efeknya bisa memicu gejala putus obat, jadi harus dipantau dokter. Adapun obat tidur yang dapat mengganggu ingatan misalnya eszopiclone (Lunesta), zaleplon (Sonata), dan zolpidem (Ambien).

http://health.detik.com/read/2013/08/15/122213/2330511/763/6/5-obat-resep-yang-bisa-bikin-pemakainya-hilang-ingatan#bigpic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: