10 Tips untuk Memulai Bisnis Kuliner

Ekonomi
10 Tips untuk Memulai Bisnis Kuliner
Restoran pilihan yang paling banyak dipilih untuk dijadikan usaha.

Usaha merupakan hal yang membuat kita dapat meningkatkan ekonomi,dan sekarang usaha makanan atau kuliner dan yang paling trendnya adalah restoran merupakan pilihan yang paling banyak dipilih untuk dijadikan ladang usaha. Tapi untuk memulainya bukan hal yang mudah,karena kita harus memiliki beberapa pengetahuan agar bisnis yang akan kita buat tidak mengalami bankrupt.

Berikut 10 Tips Untuk Memulai Bisnis Kuliner

1.    Pintar Dalam Memilih Jenis Makanan
Pilihlah makanan yang dietahui & dikuasai resepnya beserta dengan cara pembuatannya. Mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa susahnya. Seperti, jika anda ingin membuka restoran khas sulawesi,yang menyediakan nasi kuning,maka berusahalah membuat nasi kuning yang nikmat.2.    Melakukan Riset
Melakukan riset merupakan salah satu hal penting sebelum memulai usaha,usahakan riset mengenai makanan apa yang belum terjual di sekitar tempat anda akan membuka usaha,dan usahakan di tempat tersebut anda tidak memiliki saingan

3.    Jual lah Menu yang Beda Dari Yang Lain
Jika anda membuka restoran atau usaha kuliner dan memiliki banyak pesaing di daerah tersebut usahakan anda menciptakan beberapa inovasi dari menu restorant anda misalanya ,jika pesaing anda menjual Ayam Goreng,usahakan anda membuat menu yang beda,atau jika memang menu yang sama usahakan membuat nama yang berbeda ,misalanya Ayam Goreng Ketawa,yang merupakan hal unik yang membuat orang penasaran untuk mencobanya.4.    Perhatikan Harga Jual Daerah Sekitar Tempat Usaha
Pada saat memulai bisnis kuliner usahakan mulai dengan harga yang memiliki untuk sedikit untuk menarik pelanggan dan berikan kualitas yang baik.

5.    Bersikap Ramah Kepada Pelanggan
Bersikap ramah kepada pelanggan merupakan hal wajib,yang membuat orang merasa betah dan ingin kembali ke restoran anda,dan jika anda memiliki karyawan,usahakan karyawan tersebut bisa bersikap ramah kapada semua pelanggan.

6.    Perhatikan Permintaan Pelanggan

Perhatikan pesanan dari pelanggan pada saat memesan menu,karena setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda,seperti admin kalo pesan bakso selalu meminta agar tidak di beri sambel,ini bertujuan agar pelanggan tidak kecewa.

7.    Jaga Kebersihan Tempat Usaha
Kebersihan merupakan daya tarik lain untuk pelanggan,karena pelanggan akan merasa nyaman pada saat makan ketika tempat usaha kita bersih dan jauh dari hal hal yang kotor,seperti sampah lalat dan sebagainya.

8.    Lakukan Peningkatan
Jika pelanggan semakin banyak atau bahkan kita sudah memiliki pelanggan tetap usahakan,untuk merekrut tambahan pegawai dan lakukan pembesaran pada tempat usaha untuk meningkatkan mutu dari pelayanan usaha kita.

9.   Buat Jam Operasional Tetap

Buat Jam Operasional tetap untuk mempermudah pelanggan dan menambah jumlah pelanggan tetap dengan cara mempatenkan jam buka dan jam tutup dari usaha kita.agar tidak membingungkan pelanggan.10.  Lakukan PromosiPromosi merupakan hal penting dalam usaha,meskipun mutu pelayanan kita tinggi namum tidak ada orang yang tahu,usaha kita tidak akan meningkat maka dari itu kekuatan promosi sangatlah penting,dan jaman teknologi sekarang akan mempermudah kita untuk melakukan promosi seperti di facebook, bc pada blackberry dan melalui website /blog.

Demikian Postingan Artikel Ampuh mengenai 10 Tips Untuk Memulai Bisnis Kuliner ,semoga membantu para pengusaha yang akan memulai bisnisnya khususnya pada bidang kuliner,selamat berusaha dan semoga sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: