Tips Membuka Usaha Kuliner

Jika Anda hendak membuka usaha kuliner, maka bisa dipastikan kalau Anda akan mendapatkan keuntungan, karena semua orang membutuhkan makanan. Namun perlu diingat usaha kuliner atau usaha makanan adalah salah satu bisnis dengan persaingan yang sangat berat dan ketat. Tanpa memiliki kreatifitas, maka usaha makanan Anda akan cepat tersaingi oleh mereka yang jauh lebih aktif dan pandai melihat peluang yang ada.
Agar Anda tetap bisa menghasilkan keuntungan dan tetap bisa bersaing di usaha kuliner ini, maka anda perlu membaca beberapa tips usaha kuliner berikut ini.
1. Jaga kualitas olahan makanan produksi Anda. Makanan merupakan sesuatu yang bisa dirasakan oleh konsumen, jadi Anda tidak bisa menipu indra perasa konsumen. Oleh karena itu Anda harus memberikan kualitas terbaik pada produksi makanan Anda dengan menggunakan bahan baku yang bersih, higienis dan berkualitas.
2. Tentukan target pasar potensial agar tak salah sasaran dalam mendistribusikan produksi makanan Anda. Biasanya target pasar potensial Anda adalah mahasiswa dan karyawan atau pekerja kantoran. Ibu rumah tangga yang sehari-hari berada dirumah tentu bukan target yang tepat untuk usaha ini mengingat mereka selalu ada waktu untuk mempersiapkan makan.
3. Buatlah makanan yang kreatif dan unik. Jika keripik singkong sudah umum dan biasa, maka Anda bisa mulai menciptakan keripik mangga atau keripik salak. Dengan begitu, Anda akan mudah mendapatkan konsumen karena penasaran dengan produk makanan Anda. Sudah menjadi hukum alam bahwa konsumen barang konsumsi akan selalu mencari hal yang baru, unik dan inovatif, terutama dalam bidang kuliner.
Selain 3 tips di atas, tentunya Anda juga harus pandai-pandai dalam melakukan pemasaran produk makanan Anda. Beberapa trik pemasaran yang bisa Anda lakukan antara lain adalah mengundang keluarga, kerabat atau teman-teman Anda pada saat pembukaan perdana usaha kuliner Anda, sehingga orang-orang lain yang lewat juga akan ikut penasaran masuk ke usaha kuliner Anda. Semoga tips yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat membantu Anda untuk memajukan lagi usaha kuliner Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: