Tips: Mengoptimalkan Situs Blog Di Google Search Engine

By indopulsa

Setiap pemilik situs / webmaster pasti merasa tertantang untuk selalu bertengger di halaman pertama pada mesin telusur Google atau Google Search Engine. Namun bila setiap webmaster ingin selalu berada di halaman depan Google, lalu siapa yang mau berada di halaman selanjutnya? Pertanyaan seperti ini tentu kamu bisa menjawabnya.

Awalnya, sebuah situs atau blog yang baru adalah kosong. Tidak ada apa-apanya. Tidak memiliki konten / artikel dan gambar, tidak ada trafik atau kunjungan dsbnya. Oleh karenanya setiap bagian dari situs atau blog akan dibenahi oleh pemiliknya. Ada banyak hal yang harus dibenah agar situs atau blog kamu bisa tampil baik di mesin telusur Google.

Saya akan menyorot tiga hal yang menurut saya cukup penting untuk diperhatikan. Namun sebelumnya, saya ingin kamu perhatikan gambar berikut ini :

Ya itu adalah screenshoot dari mesin telusur Google yang sengaja saya ambil dengan kata kunci ‘mobil’ yang saya masukkan di tab mesin telusur Google. Hasilnya seperti contoh di atas.

Dari screenshoot di atas dapat kita lihat, ada 3 hal penting yang bisa kita ambil kesimpulannya, yakni title (warna biru), alamat domain (warna hijau) dan description (warna hitam). Baik title, domain dan description yang mengandung kata kunci ‘mobil’ semuanya dicetak dengan huruf tebal. Ini menunjukkan kata kunci yang kita masukkan di mesin pencari Google adalah kata kunci ‘mobil’.

Domain ~ Bila hendak memilih sebuah alamat domain, usahakan memilih domain yang mengandung target kata kunci. Ini penting dan sebagai nilai tambah di dalam pengindeksan oleh Google. Bandingkan bila kamu mempunyai sebuah domain seperti mobil.com dan sepeda.com. Dan kamu memasukkan sebuah kata kunci ‘mobil’ di mesin telusur Google. Domain seperti apa yang punya kans lebih mudah terindeks oleh Google?
Title ~ Letakkanlah target kata kunci yang kamu inginkan di tag title. Sebab dengan adanya target kata kunci di tag title, ini akan memberitahu Google apa yang menjadi identitas situs atau blog kamu. Kata kunci yang akurat dan relevan akan sangat membantu di dalam pengindeksan di mesin pencari serta mendatangkan pengunjung. Menurut ahli SEO panjang dari sebuah tag title akan sangat bagus bila tidak melebihi 70 karakter.
Description ~ Adalah sebuah rangkaian kata yang menerangkan apa yang ada di situs atau blog kamu kepada pengunjung. Di dalam hasil pencarian, description sering berada di bawah domain. Jangan ragu untuk menempatkan target kata kunci di situ dan seperti pada contoh gambar di atas, description juga memiliki andil di dalam menentukan hasil pencarian oleh mesin telusur. Sebuah meta description sebaiknya tidak melebihi dari 150 karakter.
Nah, kira-kira ketiga hal di atas yang menurut saya akan sangat menentukan dan penting untuk kamu menempatkan target kata kunci yang diinginkan. Bila situs atau blog kamu masih baru dan belum terindeks oleh Google, jangan kuatir. Kamu bisa melanjutkan untuk berbenah di bagian lainnya. Kata kunci tersebut akan terbentuk dengan sendirinya. Ok? Selamat berblogging !

http://indopulsa.net/mengoptimalkan-situs-blog-di-google-search-engine/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: