Trik Jitu Bisnis Pakaian Secara Online dan Offline

Iim Rusyamsi – detikFinance

Usaha toko pakaian saya omzetnya tak berkembang, dari waktu ke waktu hanya begitu-gitu saja. Bagaimana pemasaran yang tepat secara online atau offline untuk bisnis pakaian saya yang lokasi tokonya ada di kawasan pedesaan.

Terima Kasih

Noor

Jawaban:

Offline:

Pastikan lokasi toko strategis, yaitu mudah dijangkau oleh pengunjung, rapih dan bersih, produknya lengkap dan pelayananya ramah dan baik.
Pada papan nama toko anda dan tampak luar, buatlah yang ‘eye cathcing’ yang menarik dan informasi lengkap tertulis sehingga ada ketertarikan pengunjung ingin datang.

Buatlah strategi pemasaran yang menarik dan secara berkelanjutan, misalnya bulan ini sedang ada promo, misalnya beli satu gratis satu atau beli satu dapat gratis hadiah menarik dan lain-lainnya.Pola semacam ini harus berkelanjutan, bisa satu bulan sekali atau tiga bulan sekali, promo yang berbeda sehingga pelanggan akan datang dengan rutin.

Kreatifkan produk anda, buat keunikan khusus produk pakaian anda, dan pastikan produk tersebut hasil kreatifitas anda yang tidak bisa didapati di toko lain. Dengan demikian anda tidak perlu menurunkan harga jual.

Buatlah paket-paket menarik sebagai nilai tambah penjualan. Misal saja paket busana muslim, jika membeli satu paket mulai jilbab, dress hingga rok panjangnya maka harganya akan lebih murah dibanding harus membelinya satu per satu.

Coba pikirkan apa yang bisa dibuat secara paket dari produk-produk yang anda jual. Sebagai penjual anda tidak harus memaksa pengunjung membeli, namun anda harus berperan sebagai teman yang bisa menyarankan pakaian yang terbaik dan cocok untuk pengunjung, seperti layaknya anda sebagai konsultan penampilan untuk pengunjung. Dengan cara seperti ini pengunjung akan percaya dengan kemampuan anda dan akan mau membeli.

Bentuklah tim pemasaran yang kuat dan dapat menjalankan strategi-strategi pemasaran anda. Berikan edukasi dan prosedur yang standar sehingga mereka bisa jalankan.
Buatlah strategi aliansi pemasaran yang menarik dengan produk atau usaha lain yang sudah maju. Misalnya dengan beraliansi dengan restoran yang ada, beraliansi dengan sekolah-sekolah, beraliansi dengan komunitas ibu-ibu/remaja dan lainnya.

Online:

Pastikan toko anda mempunyai website, toko online dan sosial media lainnya seperti email, yahoo messenger, twitter, facebook, dan lainnya. Anda harus aktif dan siap 24 jam melayani mereka yang berkunjung ke media online anda.

Responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa dihubungi secara online dapat dipercaya.

Updatelah selalu website dan toko online anda secara periodik sehingga para pengunjung dan pelanggan selalu berkunjung kembali.
Aktiflah juga di akun twitter dan facebook anda, berikan informasi yang baik dan manfaat kepada follower anda dan informasi yang anda berikan tidak harus selalu berisi produk yang anda jual.

Ikutilah beberapa komunitas yang sesuai dengan produk anda di dunia online dan aktiflah didalamnya. Jaga krediabilitas anda di media online, anda harus terus membangun kepercayaan agar pengunjung mau bertransaksi dengan anda.

Sekali-kali anda perlu untuk membuat ajang ketemuan dengan follower anda secara offline untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan sehingga meningkatkan profit usaha.

http://finance.detik.com/read/2012/04/23/110135/1898896/1340/trik-jitu-bisnis-pakaian-secara-online-dan-offline?f991107ukm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: