Kiat Bertumbuh Melalui Akuisisi

Ada banyak cara untuk tumbuh secara kontiniu. Diantaranya adalah:

Renovasi dan transformasi bisnis
Inovasi produk dan servis
Melakukan merger dan akuisisi
Nah, cara yang ke 3 sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis tulen untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Lihat saja gebrakan perusahaan dibawah ini :

1. Akuisisi saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) milik PT Multipolar Tbk (MLPL) oleh Temasek Holdings (Private) Limited.

2. Akuisisi yang dilakukan perusahaan Jepang Aeon Co Ltd dan unit bisnis perusahaan Thailand, Central Group terhadap saham PT PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang dimiliki CVC.

3. Akuisisi yang dilakukan perusahaan investasi asing yang berbasis di Malaysia, Creador, yang melakukan akuisisi terhadap perusahaan sereal PT Simba Indosnack Makmur.

4. Akuisisi yang dilakukan Bank terbesar di Asia Tenggara yang berbasis di Singapura, DBS Group Holdings Ltd (DBS) yang mengambil alih 67,37% saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN).

5. Penjajakan untuk mengakuisisi PT Rabobank Indonesia oleh indikasi tiga investor institusi yakni Commonwealth Bank of Australia, Industrial and Commercial Bank of China dan Qatar National Bank.

6. Aksi akusisi yang dilakukan perusahaan asuransi asal Jepang, Dai-ichi Life Insurance dan Fukoku Mutual Life Insurance yang berpeluang besar mengakuisisi 40% saham PT Panin Life Insurance, anak usaha PT Panin Financial Tbk (PNLF).

7. Akuisisi yang dilakukan perusahaan Investasi asal Singapura, Gallant Venture Ltd yang membeli saham distributor otomotif Indonesia, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS).

8. Aksi akuisisi yang dilakukan Northstar Grup kepada Retower Asia melalui Clover Universal Enterprise Ltd yang diperkirakan akan sukses jika berhasil memborong saham hasil penawaran saham terbatas (right issue) PT Centrin Online Tbk (CENT).

Nah, ternyata untuk tumbuh tidak perlu harus selalu bergantung pada pertumbuhan organik, tetapi juga bisa inorganik. Bagaimana pendapat anda?

Salam

Daniel Saputro

0819-0830-9519
http://daniel.blog.kontan.co.id/2013/02/16/kiat-bertumbuh-melalui-akuisisi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: