Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan 26 Mar 2014 12:30 – See more Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan
26 Mar 2014 12:30

Tahukah Anda bahwa tidak semua jenis makanan boleh dimakan bersamaan. Ketika kita salah dalam menggabungkan makanan, selain mengakibatkan tidak terserapnya nutrisi dalam makanan dengan baik kadang-kadang justru timbul resiko timbulnya efek samping yang lebih serius, misalnya saja dapat merusak cita rasa makanan. Seperti makanan-makanan berikut ternyata tidak cocok untuk dikombinasikan, walaupun ternyata banyak orang yang melakukannya. Apa saja makanan tersebut?

Burger dan minyak zaitun

Karena termakan iklan, banyak orang berangkapan dengan memasak menggunakan minyak zaitun untuk memasak burger akan mengurangi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Memang kandungan kolesterol dalam minyak sayur lebih tinggi dibandingkan pada minyak zaitun. Sayangnya kebaikan dari minyak zaitun akan rusak saat menggunakannya untuk memasak daging burger. Jadi jangan buang uang Anda untuk hal yang tidak ada gunanya. Lebih baik gunakan minyak zaitun untuk dressing salad Anda. Anda dapat mengolah daging burger dengan memanggangnya di oven.

Alkohol dan soda

Terkadang kita terlalu memperhitungkan kalori yang terkandung dalam makanan tetapi kita lupa untuk menghitung kaloti didalam minuman yang kita minum. Kandungan kalori pada minuman soda dan alkohol memang sangat tinggi dan akan sangat berbahaya jika diminum bersamaan. Minuman soda sangat mudah diserap oleh usus, dan jika kita minum soda dibarengi alkohol, makan proses penyerapan alkohol akan terjadi lebih cepat. Hal ini akan memungkinkan terjadinya keracunan dan gejala mabuk yang dialami akan lebih berat.

Kacang dan bir

Kacang (dalam hal ini kacang tanah) kaya akan vitamin B, E, PP dan D juga mineral penting seperti sodium, kalsium, mangaan, fosfor dan zat besi. Dengan mengkomsinya bersamaan dengan minum bir maka kandungan vitamin dan mineral dalam kacang tersebut akan rusak. Oleh karena itu Anda harus berhenti kebiasaan meminum bir sambil memakan kacang.

Kiwi dan susu

Kiwi merupakan jenis buah tropikal yang banyak digunakan untuk campuran yoghurt, milkshake dan kue. Ternyata kiwi memiliki enzim khusus yang dapat merusak susu dan mengakibatkan rasa susu berubah menjadi pahit. Memang kombinasi ini tidak akan merugikan kesehatan tetapi dapat merusak cita rasa makanan yang disajikan.

Sumber:
http://m.pilihdokter.com/id/berita/jenis-makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-bersamaan#sthash.bWrfaBTr.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: