Penyakit Paru Akibat Gangguan Jalan Napas 24 Mar 2014 16:00 – See more penyakit-paru-akibat-gangguan-jalan-napas

Penyakit Paru Akibat Gangguan Jalan Napas
24 Mar 2014 16:00

Penyakit paru adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh seluruh penduduk dunia. Merokok, infeksi, dan faktor genetika merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit paru.

Paru-paru adalah bagian dari suatu sistem yang kompleks, yang mengembang dan mengempis beribu-ribu kali dalam sehari untuk memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Perjalanan Udara Menuju Paru-paru
Udara yang masuk melalui hidung kemudian akan masuk ke dalam trakea (tenggorokan), yang kemudian akan bercabang-cabang menjadi saluran-saluran panjang seperti tabung yang disebut bronki, yang akan bercabang-cabang kembali menjadi saluran-saluran yang lebih kecil di dalam seluruh paru-paru anda (alveolus).
Gangguan pada saluran napas (hidung, trakea, bronki, alveolus), tempat-tempat yang dilalui oleh udara untuk masuk ke dalam paru-paru dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit paru.

Asma
Penyakit ini disebabkan oleh peradangan menetap pada jalan napas atau akibat spasme (kekakuan dan penyempitan) saluran napas, yang menyebabkan timbulnya mengi (suara napas berbunyi “ngik-ngik”) dan sesak napas. Hal-hal lain yang dapat menyebabkan asma adalah alergi, infeksi, dan polusi.

PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik)
Merupakan suatu keadaan di mana paru-paru tidak dapat mengembang dengan normal, yang menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Keadaan ini dapat disebabkan oleh kerusakan jaringan paru akibat suatu infeksi kronik pada paru-paru, yang sering terjadi pada penderita TBC.

Bronkitis Kronik
Merupakan salah satu jenis PPOK yang ditandai dengan batuk berdahak dalam waktu lama (lebih dari 2 minggu).

Emfisema
Juga merupakan salah satu jenis PPOK, di mana jaringan paru telah mengalami kerusakan dan menyebabkan udara terperangkap di dalam paru-paru. Salah satu gejala khas keadaan ini adalah penderita tampak kesulitan menghembuskan napas.

Bronkitis Akut
Infeksi jalan napas yang terjadi tiba-tiba, yang biasanya disebabkan oleh virus. Salah satu gejalanya adalah batuk berdahak. Bila batuk berlangsung lebih dari 2 minggu, maka disebut dengan bronkitis kronik.

Fibrosis Kistik
Merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik, yang menyebabkan lendir sulit dikeluarkan dari dalam bronkus. Lendir yang menumpuk ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi paru.

See more at: http://m.pilihdokter.com/id/berita/penyakit-paru-akibat-gangguan-jalan-napas#sthash.Gqm4Rss2.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: