Lima Manfaat Mandi Air Dingin

1. Membakar Lemak
Di dalam tubuh anda terdapat 2 jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih merupakan lemak “jahat” dan lemak coklat merupakan lemak “baik”.
Saat anda mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh anda, maka kalori ini akan disimpan dalam bentuk lemak putih, yang cenderung berkumpul pada pinggang, pinggul, leher, dan paha anda.
Lemak coklat merupakan lemak yang berfungsi untuk meningkatkan panas di dalam tubuh anda untuk menjaga tubuh anda tetap hangat. Saat anda kedinginan, maka lemak coklat ini akan terbakar sehingga tubuh tetap merasa hangat dan secara tidak langsung dapat membantu menurunkan berat badan anda.
Sebuah penelitian di Skandinavia menemukan bahwa paparan suhu dingin terhadap tubuh membuat metabolisme lemak coklat meningkat hingga 15 kali, yang dapat membuat berat badan turun hingga 4.5 kg dalam 1 tahun bila keadaan ini berlangsung sepanjang tahun.

2. Mempercepat Penyembuhan Setelah Berolahraga
Para atlet seringkali mandi dengan air dingin atau bahkan air es setelah melakukan latihan intensif dan berat untuk mengurangi nyeri otot. Anda mungkin tidak perlu mandi dengan air es, air biasa yang terasa dingin pun telah dapat membantu meredakan nyeri otot setelah olahraga.

3. Memperbaiki Mood dan Meningkatkan Kewaspadaan
Saat air dingin mengenai tubuh anda saat mandi di pagi hari, pernapasan anda akan bertambah dalam sebagai respon terhadap rasa dingin yang anda rasakan. Hal ini merupakan salah satu cara tubuh anda untuk membuat tubuh anda tetap hangat dengan meningkatkan konsumsi oksigen. Denyut jantung anda pun akan meningkat sehingga terjadi peningkatan aliran darah di seluruh tubuh anda yang dapat membuat anda merasa bertenaga sepanjang hari.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Sirkulasi Darah
Peningkatan metabolisme tubuh akibat kedinginan juga akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh anda, yaitu dengan melepaskan sel-sel darah putih untuk melawan infeksi virus sehingga anda tidak mudah sakit.
Selain itu, mandi air dingin juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh anda yang dapat membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah.

5. Membuat Rambut dan Kulit Tampak Lebih Indah
Mandi air dingin juga dapat membantu mengurangi jerawat anda. Mandi dengan air panas dapat membuat kulit anda menjadi kering. Akan tetapi, mandi air dingin dapat membuat pori-pori kulit anda mengecil dan mencegah terjadinya penyumbatan.
Selain itu, mandi air dingin dapat membuat rambut anda tampak lebih indah dan berkilau. Air dingin akan membuat pori-pori kulit di kepala (tempat rambut tumbuh) menutup sehingga lebih sedikit kotoran yang dapat tinggal pada kulit kepala anda.

Sumber: lifehack

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: