13 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

20140408-133119.jpg
1. Membantu Rehidrasi Tubuh
Timun mengandung banyak air, sekitar 90% timun merupakan air. Jika anda tidak dapat mengkonsumsi banyak air putih karena berbagai alasan, penuhilah kebutuhan cairan anda dengan mengkonsumsi timun.

2. Melawan Panas di Luar dan Dalam
Mengkonsumsi timun dapat membantu meredakan rasa terbakar di dalam dada. Selain itu, meletakkan timun di atas kulit anda juga dapat membantu meredakan rasa panas pada kulit akibat terbakar oleh sinar matahari.

3. Membuang Racun
Kandungan air yang tinggi di dalam tubuh dapat membantu membuang berbagai zat sisa dari dalam tubuh anda. Mengkonsumsi timun secara teratur dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Harian
Timun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C (terutama pada kulit timun), kalium, magnesium, dan silikon. Berbagai vitamin ini dapat membantu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh anda.

5. Membantu Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Timun dapat menjadi salah satu menu favorit anda saat ingin menurunkan berat badan, karena kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah. Selain itu, serat yang terdapat di dalam timun juga dapat membantu kerja sistem pencernaan anda dan membantu mengatasi sembelit kronik (dengan mengkonsumsi timun setiap hari).

6. Membantu Mengurangi Mata Bengkak
Letakkanlah sepotong timun dingin di atas mata anda yang bengkak untuk mengurangi kantong hitam dan bengkak pada mata karena timun mengandung zat anti inflamasi (anti radang).

7. Melawan Kanker
Sekoisolariciresinol, lariciresinol, dan pinoresinol yang terdapat di dalam timun dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium (indung telur), kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim.

8. Membantu Mengatasi Diabetes, Menurunkan Kolesterol, Mengendalikan Tekanan Darah
Timun mengandung hormon yang diperlukan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain itu, sterol pada timun juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Serat, kalium, dan magnesium yang terdapat dalam timun juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah sehingga timun sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi dan rendah.

9. Mengatasi Bau Mulut
Timun juga dapat membantu proses penyembuhan berbagai gangguan gusi dan membuat mulut terasa lebih segar (mengatasi bau mulut). Caranya adalah masukkan sepotong timun di dasar mulut anda (di bawah lidah) dan tekanlah potongan timun tersebut selama 30 detik. Zat fitokimia yang terdapat di dalam timun dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

10. Melembutkan Rambut dan Kuku
Silika yang ada di dalam timun dapat membuat rambut dan kuku anda lebih kuat dan lebih berkilau. Selain itu, sulfur dan silika yang terdapat di dalam timun juga dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut anda.

11. Mengurangi Nyeri
Silika juga membantu menjaga kesehatan sendi dengan cara menguatkan jaringan ikat di sekitarnya. Bila dicampurkan dengan wortel, maka timun dapat membantu mengurangi rasa nyeri sendi akibat radang sendi maupun nyeri sendi akibat gout (tingginya kadar asam urat di dalam darah). Selain itu, kombinasi ini juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

12. Mengatasi Nyeri Kepala Akibat Mabuk
Untuk menghindari nyeri kepala akibat mabuk, konsumsilah beberapa potong timun sebelum tidur. Vitamin B kompleks, gula, dan elektrolit di dalamnya dapat mengurangi nyeri kepala akibat mabuk.

13. Menjaga Kesehatan Ginjal
Timun dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh anda yang secara tidak langsng juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal anda.

Sumber: fitnea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: