Pentingnya Asam Folat Bagi Tubuh

Pentingnya Asam Folat Bagi Tubuh (Sumber Gambar: http://www.fitsugar.com)
Manfaat asam folat bagi kesehatan juga telah banyak diketahui oleh masyarakat umum. Karena memang kesadaran akan pentingnya kesehatan telah banyak diketahui serta dipahami oleh masyarakat kita. Dunia kesehatan mengenal istilah asam folat ini juga adalah bagian dari vitamin B9. Dalam dunia medis juga disebut istilah folic acid.

Ada beberapa manfaat asam folat itu sendiri. Diantaranya yaitu untuk dalam kesehatan kehamilan fungsinya untuk mencegah kecacatan janin ketika dilahirkan. Kegunaan lainnya dari folid acid ini adalah membantu tubuh ketika proses metabolisme protein berlangsung, serta turut dalam membangun sel-sel darah merah yang sehat, dan juga membantu menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung). Selain itu asam folat dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Rekomendasi konsumsi harian
Laki-laki usia 19 tahun keatas: 400mikrogram
Wanita usia 13 keatas:400-600 mikrogram
Wanita hamil: 600 mikrogram
Angka ini sangat bergantung pada kondisi kesehatan seseorang, yang akan kita diskusikan selanjutnya.

Pentingnya asam folat
Semua orang sudah mengetahui manfaat asam folat untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga penting untuk ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi asam folat. Pada pria maupun wanita yang menderita kekurangan asam folat akan meningkatkan resiko kanker, anemia, masalah kanker, masalah kognitif, masalah jantung, masalah gusi dan depresi. Maka dari itu, pasien dengan kondisi penyakit yang disebutkan diatas disarankan untuk mengkonsumsi asam folat dalam dosis yang lebih besar.
Tetapi penelitian terbaru mengatakan peningkatan kadar asam folat yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan masalah seperti kanker payudara, sehingga penting untuk Anda memonitor seberapa banyak konsumsi asam folat yang masuk ke tubuh Anda. untuk mencegah kelebihan asam folat, disarankan kadar maksimum konsumsi asam folat adalah 1000 mikrogram.
Makanan yang mengandung asam folat tinggi:
– Brokoli
– Kubis
– Kembang kol
– Hati, tetapi tidak boleh untuk wanita hamil
– Pepaya
– Bayam
– Kiwi
– Jeruk
– Gandum utuh
– Kuning telur

Sumber: heathmeup

TAGS : #asam folat #gandum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: