Ritual Pagi Para Pemimpin

Dunia ini didominasi oleh keinginan orang-orang yang ingin sukses, sebagian dari mereka berpikir betapa nikmatnya menjadi bos karena bisa memerintah bawahan dan mendapatkan fasilitas yang premium. Namun, tahukah Anda, untuk menjadi sukses usaha yang mesti Anda kerahkan tidak hanya sebatas jam kantor.

Seperti yang disebutkan Laura Vanderkam, seorang pakar manajemen dan penulis buku “What the Most Succesful People Do Before Breakfast”, seorang pemimpin sebaiknya menetapkan suatu aktivitas sebelum sarapan di pagi hari sehingga menambah energi dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam memimpin. Sanggupkah Anda bangun lebih pagi dari matahari? Berikut ini rahasia kesuksesan para pemimpin.

1. Bangun sangat pagi
Pagi hari merupakan saat yang paling berharga untuk mengendalikan situasi dan kondisi. Hal ini memudahkan Anda untuk bersiap menyambut panggilan telepon, rapat, dan kasus lainnya yang mendadak dan membutuhkan Anda untuk hadir lebih awal di kantor. Dalam survei yang dilakukan Vanderkam terhadap 20 eksekutif, 90% mengatakan bahwa mereka bangun tidur sebelum pukul 6.00 pada hari kerja. Di antaranya, CEO PepsiCo Indra Nooyi bangun pada pukul 4.00 dan tiba di kantor tidak pernah lewat dari pukul 7.00. CEO Disney Bob Iger bangun pukul 4.30 untuk membaca buku dan CEO Square Jack Dorsey bangun pukul 5.30 untuk jogging.

2. Berolahraga
Aktivitas pagi hari akan membawa energi dan kekuatan yang besar, terutama berolahraga, baik di rumah ataupun di pusat kebugaran. Berdasarkan survei Vanderkam, CEO Xerox Ursula Burns menjadwalkan satu jam sesi personal training mulai pukul 6.00, dua kali per minggu. CEO Christies Steve Murphy melakukan yoga setiap pagi dan CEO Starwoods Hotels Frits van Paasschen rutin berlari selama satu jam mulai pukul 5.30. “Mereka merupakan orang-orang yang luar biasa sibuk. Jika mereka berolahraga, pasti karena hal tersebut sangat penting”, ujar Vanderkam.

3. Waktu Keluarga
Ternyata ada yang lebih ampuh dari makan malam keluarga untuk memperkuat kebersamaan antar anggota keluarga. Beberapa orang sukses memanfaatkan waktu di pagi hari sebagai waktu bersama keluarga, termasuk membacakan cerita untuk buah hati atau memasak menu sarapan bersama keluarga. Seorang perencana keuangan di New York, Judi Rosenthal, memanfaatkan waktu selama 45 menit untuk membantu memilihkan pakaian anak perempuannya, membereskan tempat tidur bersama-sama, bahkan sarapan bersama sambil saling berdiskusi tentang aktivitas yang akan dilakukan.

4. Terkoneksi dengan pasangan
Pada malam hari, Anda cenderung mengalami kelelahan karena beraktivitas. Karena itu, waktu yang paling tepat untuk saling berbicara dengan pasangan adalah di pagi hari. Menurut Vanderkam, bercinta menjadi pilihan yang baik untuk menambah energi dan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, membakar kalori, dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, saling berbicara menjadi aktivitas yang ampuh untuk tetap terkoneksi. Managing Director BlackRock, Obie McKenzie, dan istrinya bersama-sama naik kereta setiap pagi menuju kantor mereka di New York. Mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk mendiskusikan kehidupan mereka, finansial, agenda keluarga, dan rencana-rencana untuk sepekan.

5. Membaca Berita
Sebagian besar orang sukses memiliki ritual membaca berita sebelum sarapan, entah itu melalui surat kabar, media online, blog, atau media sosial. Di antaranya, CEO GE Jeff Immelt yang memulai harinya dengan olahraga kardio, lalu membaca surat kabar dan menonton CNBC. Sama seperti CEO Virgin America David Cush selalu mendengarkan siaran berita olahraga melalui radio dan membaca surat kabar. Ketika berangkat ke kantor, mereka akan memiliki banyak inspirasi yang bisa saja membuat bisnis mereka lebih maju.

Contributor: Anastasia Estri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: