Makanan yang Harus Dihindari Setelah Berusia 65 Tahun

Makanan yang Harus Dihindari Setelah Berusia 65 Tahun (Sumber Gambar: blog.localbanya.com)
Orang lanjut usia memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami keracunan makanan dan beberapa jenis makanan juga lebih sering menyebabkan terjadinya keracunan makanan daripada makanan lainnya. Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan keracunan makanan karena makanan tersebut mengandung kuman tertentu.

Sebagian besar orang yang sehat dapat sembuh dari keracunan makanan tanpa pengobatan, akan tetapi orang lanjut usia, terutama yang berusia lebih dari 65 tahun lebih rentan terhadap keracunan makanan ini karena penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh anda pun lebih sulit melawan berbagai kuman, akibatnya keracunan makanan pun dapat membahayakan jiwa anda.

Gejala keracunan makanan biasanya lebih berat pada orang yang berusia lebih dari 65 tahun daripada orang lain yang berusia lebih muda dan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi berbahaya seperti dehidrasi. Selain itu, orang lanjut usia juga membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama. Segera hubungi dokter anda bila anda mengalami berbagai gejala keracunan makanan.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan keracunan makanan terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti orang lanjut usia, orang dengan gangguan kesehatan tertentu, wanita hamil, bayi, dan anak kecil

1. Beberapa Jenis Keju
Dianjurkan agar anda menghindari konsumsi berbagai jenis keju seperti brie, camembert, soft blue cheese (danish blue, gorgonzola, dan roquefort), serta berbagai jenis keju lainnya yang tidak melalui proses pasteurisasi.

Keju-keju ini lebih berbahaya bila dikonsumsi oleh orang lanjut usia karena keju ini tidak terlalu asam dan lebih lembab daripada keju lainnya, yang membuat mereka lebih mudah ditumbuhi oleh berbagai kuman penyebab keracunan makanan, terutama listeria. Memasak keju-keju ini dapat membunuh bakteri di dalamnya.

2. Telur Mentah atau Telur Setengah Matang
Hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang seperti mayonnaise buatan sendiri dan berbagai jenis minuman yang menggunakan telur mentah untuk menambah stamina karena mungkin mengandung salmonella yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan.

Masaklah telur hingga bagian kuning maupun putih telurnya matang untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan makanan. Jika anda ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang, akan lebih aman bila anda menggunakan telur yang telah dipasteurisasi.

3. Makanan Mentah atau Setengah Matang
Berhati-hatilah saat anda mengkonsumsi makanan yang dibakar atau saat mengikuti acara baberque karena mungkin terdapat makanan yang masih mentah atau setengah matang, terutama daging ayam, sosis, burger, atau daging sapi yang dapat mengandung berbagai kuman penyebab keracunan makanan, seperti salmonella, campylobacter, dan E. coli.

Pastikan anda memasak berbagai jenis daging hingga matang (tidak terdapat bagian berwarna merah muda atau darah) dan ingatlah untuk mencuci tangan anda serta peralatan masak anda setelah mengolah daging mentah untuk mencegah penularan kuman-kuman berbahaya.
Berbagai jenis kerang, udang, lobster, kepiting, dan berbagai makanan laut mentah lainnya dapat mengandung berbagai bakteri dan virus berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan.

Sushi, sashimi, dan berbagai makanan lainnya yang dibuat dengan menggunakan ikan mentah harus diwaspadai karena kadangkala ikan mengandung cacing yang dapat membuat anda sakit, akan tetapi membekukan ikan dapat membunuh cacing ini dan membuat ikan mentah aman untuk di makan. Bekukanlah ikan mentah selama setidaknya 4 hari sebelum mengkonsumsinya.

4. Susu
Jangan mengkonsumsi susu mentah atau susu yang belum dipasteurisasi.

Sumber: nhs

TAGS : #keju #susu

20140417-172808.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: