7 Penyebab Tidak Terduga Mengapa Berat Badan Anda Meningkat

20140419-133129.jpg

(Sumber Gambar: http://www.fitsugar.com)

7 Penyebab Tidak Terduga Mengapa Berat Badan Anda Meningkat

1. Kurang Tidur
Salah satu penyebab peningkatan berat badan adalah kurangnya tidur. Saat anda kurang tidur, terdapat perubahan biokimia di dalam tubuh anda yang menyebabkan peningkatan rasa lapar, menyimpan lemak lebih banyak, atau bahkan membuat anda merasa tidak terlalu kenyang setelah makan. Selain itu, bila anda tidur lebih malam setiap harinya, ada kemungkinan anda ingin makan atau mengemil di malam hari yang juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

2. Stress
Semua orang tentunya pernah mengalami rasa stress, yang sebenarnya baik bagi anda bila dalam jumlah kecil. Akan tetapi, bila anda terus-menerus mengalami stress, maka tubuh anda akan memproduksi kortisol, suatu hormon stress, yang dapat meningkatkan nafsu makan anda. Selain itu, rasa stress juga dapat membuat metabolisme tubuh anda melambat dan menyebabkan peningkatan berat badan di daerah perut.

3. Mengerjakan Banyak Hal Sekaligus
Banyak orang mengira bahwa mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Beberapa orang justru tidak dapat bekerja seefektif biasanya bila harus melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Hal ini dapat memperlambat pekerjaan anda, membuat anda melakukan banyak kesalahan, dan membuat anda stress.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengerjakan banyak hal sekaligus dapat membuat anda sulit mengendalikan diri di sekitar makanan. Hal ini karena otak anda harus bekerja ekstra keras untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut dan membuat anda lebih tergoda untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

4. Terobsesi Untuk Menjadi Kurus
Semakin anda terobsesi untuk menjadi kurus, maka anda akan merasa semakin sulit untuk mencapainya dan justru membuat anda lebih sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

5. Efek Samping Obat-obatan
Bila anda mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti obat anti depresi, obat anti kejang, obat migrain, obat anti psikosis, obat anti hipertensi (beta blocker), obat anti diabetes, obat antihistamin, berbagai jenis hormon (pil KB), obat anti kanker, dan obat penurun kolesterol; maka anda mungkin dapat mengalami peningkatan berat badan akibat efek samping berbagai jenis obat-obatan tersebut.

6. Sering Berpergian
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang berpergian lebih dari 20 hari setiap bulannya, memiliki resiko peningkatan berat badan yang lebih tinggi, yaitu hingga 92%. Konsumsilah makanan sehat, tetap berolahraga, dan cukup tidur dapat mencegah peningkatan berat badan akibat sering berpergian.

7. Kekurangan Nutrisi Tertentu
Jika tubuh anda kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin D, magnesium, atau zat besi; maka hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda, termasuk memperlambat metabolisme tubuh anda.
Menurut sebuah penelitian di Amerika, jika seseorang merasa lelah atau tidak bertenaga, maka orang tersebut cenderung mengatasinya dengan mengkonsumsi gula, kopi, atau berbagai karbohidrat sederhana lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Sumber: allwomenstalk

TAGS : #obesitas #stress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: