Asam Urat, Inilah Dietnya

20140510-220923.jpg
Oleh: dr. Nadia Octavia

Asam Urat atau dalam istilah medisnya Gout arthritis, yaitu suatu peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi, seringkali diasosiasikan dengan diet dan pola makan.
Apa hubungan antara pola makan dengan asam urat?
Gout arthritis terjadi ketika level asam urat yang tinggi dalam darah Anda menyebabkan pembentukan kristal dan terakumulasi pada sendi. Tubuh memproduksi asam urat dari pemecahan purin. Purin secara alami terdapat di dalam tubuh namun Anda banyak mendapatkannya dari makanan seperti jeroan, ikan sarden, makarel, kerang, dan sebagainya.
Jika Anda membatasi makanan yang tinggi akan purin, maka akan membantu mengurangi serangan asam urat dan mengurangi derajat keparahannya. Diet bukan merupakan terapi utama dalam menangani gout, hanya dapat membantu mengurangi frekuensi serangan.
Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat?
Pada prinsipnya, diet ini adalah membatasi asupan makanan yang tinggi purin seperti produk hewani, yang membantu kontrol produksi asam urat dalam tubuh. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebih, segera turunkan berat badan Anda. Hindari juga diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan karena dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi asam urat yang berlebih (hyperuricemia).
Batasi daging, unggas dan ikan
Protein hewani kaya akan purin. Hindari dan batasi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti jeroan, ikan sarden, makarel, daging merah (daging sapi, babi dan kambing), makanan laut (tuna, udang, lobster dan scallop). Batasi konsumsinya 113 – 170 gr/hari.
Batasi konsumsi lemak
Asam lemak jenuh menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeleminasi asam urat. Makanan yang tinggi lemak juga dapat menyebabkan obesitas dan berujung pada gout.
Batasi konsumsi alkohol
Alkohol, terutama bir, dapat mengganggu metabolisme tubuh untuk mengeliminasi asam urat. Batasi konsumsi hingga 150 ml/hari.
Tidak semua sayuran hijau rendah purin
Daun singkong, bayam, kangkung dan melinjo memiiki kandungan purin yang cukup tinggi. Selain itu, tahu dan tempe juga mengandung purin yang tinggi
Batasi atau hindari makanan yang mengandung pemanis high fructose corn syrup
Fruktosa merupakan satu-satunya jenis karbohidrat yang diketahui dapat meningkatkan asam urat. Cobalah mengurangi konsumsi soda dan jus buah yang tidak segar.
Pilihlah karbohidrat kompleks
Konsumsi gandum, buah dan sayuran dan kurangi karbohidrat sederhana seperti roti putih, kue dan permen.
Perbanyak konsumsi cairan, terutama air
Cairan dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda. Targetkan untuk minum air putih setidaknya 8-16 gelas/hari.

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat
Oleh: dr. Adithia Kwee

Tingginya kadar asam urat dalam darah seseorang dapat diketahui melalui pemeriksaan darah.
Kadar asam urat dinyatakan tinggi bila:
Lebih dari 7mg% pada laki-laki dan
Lebih dari 6mg% pada perempuan.

20140510-221439.jpg
Kadar asam urat darah dapat tinggi dikarenakan mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi akan purin. Biasanya terjadi pada pria berusia 40 sampai 50 tahun dan perempuan berusia diatas 50 tahun. Pada penderita dengan kadar asam urat tinggi, selain diberi obat untuk mengurangi kadar asam uratnya juga diberikan edukasi mengenai diet rendah purin untuk mengurangi angka kekambuhan.
Berikut merupakan makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi beserta anjuran mengkonsumsinya:

1. Kandungan purin tinggi (100-1000 mg purin/ 100 gr bahan makanan), sebaiknya dihindari.
Otak,
hati,
jantung,
ginjal,
jeroan,
ekstrak daging/kaldu
bouillon,
bebek,
ikan sardin,
makarel,
remis,
kerang.

2. Kandungan purin sedang (9-100 mg purin/ 100 gr bahan makanan), sebaiknya dibatasi;
maksimal 50-75 gr (1-1 ½ ptg) daging, unggas,
1 mangkok (100 gr) sayuran sehari.
Daging sapi
Ayam,
Udang,
Kacang kering
Kacang hasil olah, seperti tahu dan tempe
Asparagus
Bayam
Daun singkong
Kangkung
Daun
Biji melinjo.
maksimal 50-75 gr (1-1 ½ ptg) ikan, kecuali ikan-ikanan yang ada dalam kategori purin tinggi

3. Kandungan purin rendah (dapat diabaikan), dapat dimakan setiap hari, antara lain seperti:\
Nasi
Ubi
Singkong
Jagung
Roti
Mie
Bihun
Tepung beras
Cake , kue tart
Puding
Susu,
Keju,
Telur;
Minyak;
Gula;
Keju kering,
Sayuran dan buah-buahan (kecuali sayuran yanda ada dalam kategori purin sedang)

Jika sudah mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang harus dihindari, tentunya akan lebih mudah untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat tersebut.

Berdamai Dengan Asam Urat
Oleh: dr. Febiansyah Ibrahim

20140510-221704.jpg
Arthiritis Rheumatoid atau yang akrab dengan istilah awam penyakit Rematik, merupakan salah satu penyakit rematik yang paling sering. Tidak hanya pada usia lanjut namun dapat juga mengenai usia muda. Anda yang mengalami penyakit ini pasti sulit menjalani kegiatan sehari-hari dengan ada nya nyeri, deformitas sendi, dan mungkin sudah menyerah dan menggunakan kursi roda. Tips-tips dibawah ini dapat membantu anda untuk mengurangi gejala diatas dan dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa dihambat oleh rematik.
Konsultasi kan penyakit arthritis rheumatoid anda dengan dokter ahli reumatologi. Hal ini sangat penting untuk menentukan pengobatan mana yang tepat untuk anda. Apabila anda sudah mendapatkan pengobatan yang tepat, tetap teruskan obat-obatan sesuai dengan indikasi.

Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain bila sedang mengalami nyeri atau lainnya.
Tetap melakukan olah raga. Olah raga merupakan satu hal yang penting untuk menjaga anda tetap mobil (bergerak). Saat anda menggerakkan sendi, anda sudah menjaga sendi anda kuat dan fleksibel

Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan untuk menggunakan tongkat pada sendi yang sakit. Selain itu gunakan sepatu yang cocok untuk kaki anda. Dengan menggunakan sepatu yang cocok untuk menopang anda akan mengurangi nyeri dan jatuh.
Istirahat yang cukup. Peneliti menganjurkan jika kita tidur yang cukup dapat mecegah kelelahan dan nyeri.

Makan makanan yang sehat. Masih banyak penelitian yang dikerjakan mengenai hubungan makanan dan arthritis rheumatoid (rematik). Anda dianjurkan makan makanan yang rendah lemak dan kalori, kaya akan buah, sayuran dan gandum.

Terapi panas dan dingin. Terapi panas dan dingin dianjurkan untuk menghilangkan nyeri dan meningkatkan mobilitas sementara pada sendi yang kaku. kompres panas dapat menurunkan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Sedangkan compress dingin dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dan sangat membantu mengurangi rasa nyeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: