Singapura, Dulu Mobil Bekas Kini Rolls-Royce

April 30 2013 | By Rina Hutajulu

20140601-084944-31784012.jpg
Fenomena city branding sekarang ini menjadi hot issu di kalangan praktisi pemasaran. Efektivitas city branding disadari penuh oleh beberapa negara di kawasan Asia Tenggaraa, salah satunya Singapura dengan “Uniquely Singapore”. Lianti Raharjo, pengajar dan peneliti city branding dari Universitas Binus Internasional, menyebut satu studi kasus Singapura sebelum seberhasil sekarang.

“Dulu di tahun 1959, pemerintah Singapura mengundang konsultan asing salah satunya seorang ekonom dari Belanda,” kata Lianti Raharjo. Lianti melanjutkan, orang Belanda itu menyebut Singapura di masa itu bukan Rolls Royce tetapi mobil bekas. Kala itu tim konsultan tersebut mencari-cari apa yang bisa Singapura jual, melihat kondisi negara Singa itu memprihatinkan. Penduduknya tidak memiliki keterampilan khusus, tingkat pendidikan rendah, dan kekayaan alam minim.

Tapi akhir tahun 1973, Singapore akhirnya berusaha untuk mendapatkan investor dengan menjanjikan bahwa negara itu tidak akan memberlakukan pajak. Siapa pun yang membangun bisnis di Singapore akan disambut dengan upacara kenegaraan dan akan diliput banyak media. Dengan kata lain Singapore berkampanye bahwa negara mereka pro bisnis. Strategi itu berhasil. Berselang dengan waktu, Singapura pun melirik medical tourism dengan cara membuka peluang bagi dokter-dokter Asia untuk bekerja di negara itu. Singapura yang dulu dianggap mobil bekas kini bernilai tinggi layaknya Rolls-Royce.

1 Comment »

  1. xamplecup Said:

    Terima kasih, informasi yang Saya dapat dari web ini sangat bermanfaat sekali.
    Salam dari :
    Poker Online, Game Facebook, Judi Online, Nagapoker


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: